Tuesday, March 28, 2017

Sssst Waktunya Maghrib

Waktu maghrib, adalah waktu yang khusus. Waktu khusus itu karena terjadi pergantian siang dan malam. Banyak keterangan-keterangan berkaitan waktu maghrib ini. Baik itu keterangan baik maupun keterangan mistis.

Satu kejadian mistis yang pernah saya dengar pada saat maghrib ialah seorang bayi tiba-tiba tidak ada di tempatnya. Orang-orang di dalam rumah itu bingung semua. Lemari, dapur, kolong tempat tidur, lemari dapur, garasi, halaman rumah, termasuk bak mandi di kamar mandi adalah wilayah yang tidak luput dari pencarian.

Kejadian itu berlangsung selama antara waktu maghrib dan isya. Begitu menjelang isya, tiba-tiba sang bayi ada di tempatnya semula, sedang tidur nyenyak. Percaya atau tidak itulah yang terjadi.

Hal yang sekarang sedang terjadi ialah hiburan yang tanpa batas waktu. Waktu maghrib justru stasiun TV menyelenggarakan berita yang menarik, sinetron dan berbagai acara hiburan. Ini adalah tantangan sendiri untuk pendidikan anak.

Alhamdulillah, gerakan mengaji dan matikan TV sedang terjadi di desa Gonilan, Kartasura, Sukoharjo. Ini diawali oleh masjid-masjid sedesa Gonilan. Andai gerakan ini diikuti oleh berbagai desa di seluruh Indonesia semoga bisa menjadi bekal pendidikan keluarga yang sangat baik. Pihak TV pun menyadari dan menghormati waktu-waktu seperti waktu maghrib ini.

Solo, 28-3-2017 / 08-06-2016
Fadjar Setyanto