Friday, March 17, 2017

Madu Untuk Bangsa

Bila kita membeli madu di pasar modern, kita hanya menjumpai madu-madu yang memiliki kandungan madu semata. Variasi madu yang dijual pun tidak banyak. Seringnya yang ditonjolkan ialah darimana madu itu berasal.

Berbeda bila kita membeli madu di toko herbal. Ternyata banyak variasi dari madu dibuat. Ada yang berguna untuk menurunkan berat badan, menjaga stamina, menurunkan kadar gula darah, untuk mengatasi flu, batuk, dan demam. Masih banyak lagi variasi madu dibuat.

Seperti gambar yang ada di foto. Produk itu hanya beberapa saja dari sekian banyak produk madu. Kandungan madu hitam (dengan kemasan warna hitam) adalah Madu, Propolis Trigona, Daun Insulin, Brotowali, Sambiloto, Mahoni, dan bahan-bahan lain. Sementara madu yang di sebelah kotak hitam, memiliki kandungan antara lain Madu, Jahe, Zaitun, Propolis, Pegagan, Daun Mint, Temulawak, dan Habbatussauda.

Madu-madu itu memiliki fungsi yang sama dengan suplemen asing untuk menjaga kesehatan. Kandungan-kandungan pada madu tersebut sudah dikenal lama oleh nenek moyang bangsa kita sebagai obat dan asupan penjaga kesehatan tubuh. Perbedaan mencolok antara produk madu dan suplemen ialan harganya. Suplemen asing cenderung membandrol dengan harga yang tinggi, sedangkan produk madu tersebut memiliki harga yang relatif terjangkau.

Mari kembali ke produk dalam negeri untuk menjaga stamina kita. Memakai produk dalam negeri sama dengan memajukan ekonomi bangsa. Jika kita mengkonsumsi produk tersebut, maka aliran dana yang ada tidak perlu lari ke luar negeri. Uang tetap di dalam negeri.

Solo, 17 Maret 2017 / 08-06-2017
Fadjar Setyanto
www.setrailmu.com