Wednesday, January 11, 2017

Pesan Tiket Kereta Api Online

Pertama-tama saya ragu mendengar usul agar pesan tiket kereta api via online. Keraguan saya memang didasari pengalaman beberapa tahun lalu saat memesan tiket kereta api secara online. Pada saat itu setelah mendapat konfirmasi via hp pada saat saya hendak membayar di Indo Maret ternyata dikatakan waktu telah habis meskipun saya yakin masih ada sisa 10 menit. Ada lagi pengalaman yaitu koneksi internet buruk. Sejak saat itu saya lebih memilih membayar di kasir Indo Maret.

Ternyata sejalan dengan waktu PT Kereta Api membuka kanal-kanal pembayaran yang beragam.

1. Via loket di stasiun.
Kelebihan membeli tiket di stasiun ialah kita bisa memilih kursi yang kita inginkan. Selain itu anda juga akan menerima wujud tiket, sehingga anda tidak harus mendatangi mesin pencetak lagi saat akan beangkat.

Sementara lelemahanannya ialah kita harus rela antri bermeni-menit atau mungkin berjam-jam tergantung keramaian loket.

2. Viai mini market.
PT Kereta Api juga membuka saluran pembelian dan pembayaran tiket melalui mini market seperti Indo Maret, Alfa, dan Seven Eleven. 

Kelebihan membeli dan membayar tiket di mini market ialah bisa memilih namun tidak banyak pilihan bisa didapat. Bila anda membeli di Indo Maret, ada gerai tertentu di Indo maret yang menyediakan mesin pemesanan tiket. 

Bila anda membeli di mini market maka anda masih harus mencetaknya saat anda akan berangkat.