Wednesday, October 19, 2016

Berfikir Efektif : Kuasai Hal Sederhana Dengan Mendalam

 Mengerti secara mendalam, nampak seperti kalimat yang sederhana dan mudah. Namun demikian untuk mengerti secara mendalam dibutuhkan komitmen yang kuat dan disiplin kuat. Para ahli benar-benar mengerti hal yang mereka tekuni dan mereka tidak bosan mengecek dari awal lagi. Mereka rajin bertanya "mengapa", "mengapa", "mengapa", hingga mendasar. 


Salah satu contoh menguasai secara mendalam ialah permainan piano Fur Elize yang dimainkan oleh pemain pemula dan oleh maestro sekelas Clayderman. Keduanya memainkan nada yang sama, Fur Elize. Nada yang dimainkan oleh sang pemula memang benar nada-nada Fur Elize. Permainan sang pemula memang lancar dan menyuarakan Fur Elize lengkap tanpa terputus-putus hingga selesai. Namun saat Fur Elize dimainkan oleh Clayderman, permainan dan nada-nada yang dihasilkan sungguh luar biasa hingga bisa menghanyutkan pendengarnya.


Dalam mempelajari sesuatu dan dalam setiap hal yang anda lakukan, perlu sekali menggali kembali ketrampilan dan pengetahuan tentang konsep dasarnya dan kasus sederhana yang ada padanya. Tentu saja hanya sekali saja mempelajari tidak akan pernah cukup. Biasanya pada saat anda menggali kembali konsep dasar, anda akan menemukan suatu sudut pandang baru. Tentu saja diperlukan waktu dan tenaga lebih banyak untuk mempelajari ulang suatu konsep dasar tersebut namun dengan membangun dasar yang kuat maka suatu saat anda akan menemukan kebenarannya yaitu kemampuan anda akan berkembang semakin hebat.


Pada kasus pemain piano pemula dibandingkan maestro, jelas penguasaan dan ketrampilan sang maestro jauh sekali di atas pemain pemula. Sang maestro pasti sudah ratusan kali mungkin ribuan kali memainkan Fur Elize sehingga memiliki daya artistis dan kontrol yang sangat baik. Sehingga menghasilkan karya yang sangat indah dan memiliki "ruh".


Mari gali kembali ketrampilan dan pengetahuan kita.



Solo, 19 Oktober 2016 / 8 Juni 2016
Fadjar Setyanto



Persiapan IELTS / TOEFL