Wednesday, August 31, 2016

Ini Akibat Dari Mufakat

Dalam suatu ruang sidang terjadi saling memaki bahkan bentak-bentakan. Ya itulah yang terjadi di suatu sidang organisasi kemahasiswaan yang pernah penulis ikuti.
Saat itu sedang terjadi pembahasan tata tertib sidang. Pada saat masuk bagian pengambilan keputusan dan perwakilan, suasana sangat panas. Waktu sudah menunjukkan jam 23 tetapi suasana tidak mereda. Tak satu pun peserta sidang meninggalkan ruangan.
Sekitar jam 1.30 pagi sidang akhirnya mendapatkan keputusan tanpa voting tapi melalui musyawarah untuk mufakat. Peserta pun bubar dan kembali ke penginapan masing-masing.
Para peserta sidang memang menghindari voting karena voting adalah produk demokrasi ala barat yang sangat dihindari oleh organisasi tersebut. Organisasi tersebut menganut musyawarah untuk mufakat yang mencerminkan basis organisasi. Karena para peserta punya niat baik, tercapai keputusan yang baik pula.
Pagi saat sarapan berlangsung para peserta sudah akrab kembali. Apa yang terjadi semalam, segala makian, bentakan, ancaman, gebrak meja, sudah terlupakan. Keakraban nampak di wajah masing-masing peserta.
Ya begitulah bila masing-masing anggota punya niat terbaik untuk organisasi, bukan punya niat menggembosi oraganisasi.
Solo, 31 Agustus 2016 / 8 Juni 2016
Fadjar Setyanto
--------
Iklan
IELTS / TOEFL preparation corse
@Solo,  call 085288880806