Wednesday, August 31, 2016

Berlatihlah Dan Buktikan Hasilnya

"They are not so esoteric that only geniuses can master them. All of us can learn them and use them. ..."
Kalau di Indonesiakan antara lain : hal-hal yang nampak istimewa bukanlah hal yang benar-benar cuma bisa dikuasai oleh para jenius. Semua itu bisa dipelajari dan digunakan oleh kita.
Kata-kata menarik itu diambil dari buku The Elements Of Effective Thinking yang ditulis oleh Edward B Burger dan Michael Starbird.
Dari kutipan tersebut jelas sekali bahwa ketrampilan hebat sehebat apapun itu ternyata bukan semata-mata bakat. Hal yang terpenting ternyata ialah latihan yang tak pernah putus. Latihan yang tak pernah putus bisa mempertajam insting.
Seorang Valentino Rossi yang berlatih ribuan jam di atas sepeda motor akan dengan mudah mendeteksi ban atau mesin yang digunakan pas atau tidak dengan medan balapnya.
Seorang murid yang ribuan kali mengerjakan latihan tes akan dengan mudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan soal. Hal seperti ini pernah penulis alami saat di SMP dulu. Saat itu guru SMP di kelas 3 meminta penulis mengerjakan paling sedikit 20 soal matematika setiap hari. Hasilnya penulis bisa mendapatkan jawaban pada saat penulis selesai membaca soal matematika.
Dua kejadian di atas menggambarkan dengan jelas bahwa dengan latihan terus-menerus tidak ada yang tidak bisa dilakukan dan dipelajari. Semua bisa!
Solo, 31 Agustus 2016 / 8 Juni 2016
Fadjar Setyanto
- - - - - - - -
TOEFL / IELTS preparation course
@Solo,  call 085288880806