Sunday, August 7, 2016

Anda Punya Ide Gila?


Ide gila kadang perlu. Selama disertai keyakinan ide gila bisa menjadi sesuatu yang menarik. Seperti film Larva di atas. Bila dilihat, tokoh di film tidak jelas, di film tersebut juga tidak ada suara percakapan antar pelaku, yang ada hanyalah suara ketepak, ketepok, saling pukul-memukul diantara pelakunya. Namun film ini sangat mengasyikan untuk ditonton, bahkan kadang mengundang tawa saat menontonnya. Ide gilanya ialah film ini tetap diproduksi dan ditayangkan. Jumlah iklannya? Ternyata jumlah iklannya pun banyak.


Film ini sangat menginspirasi karena sesuatu yang nampak konyol dan bodoh ternyata bisa menjadi sesuatu yang sangat menghibur dan menguntungkan.


Saya jadi teringat kisah Wyatt bersaudara dengan manusia burungnya, yang mencoba untuk terbang. Ide gila mereka menjadi cikal bakal adanya pesawat terbang hingga saat ini. Ide gila Thomas Alpha Edison menjadikan dunia terang benderang.


Agar ide gila bisa menjadi kenyataan memang diperlukan keberanian mengeksekusi ide menjadi tindakan nyata. Untuk mengeksekusi suatu ide gila memang kadang anda akan dicemooh oleh orang lain. Namun setelah terbukti hasilnya biasanya para pengejek akan pura-pura tidak tahu. Seperti kostum tim olimpiade Indonesia. Di dalam negeri dicemooh oleh orang-orang tertentu, tetapi di luar negeri ternyata kostum tim Indonesia mendapat pujian.


Nah pembaca, ide gila apa yang anda punya? Beranikah anda mengeksekusinya?


Jakarta, 59 hari lepas dari 8 Juni 2016
Fadjar Setyanto