Saturday, July 2, 2016

Strategi Menghadapi Sosial Media

Arifah seorang dosen pasca Sarjana sebuah perguruan tinggi di Jawa Tengah sedang mempersiapkan tulisan untuk sebuah jurnal internasional. Mengingat tenggat waktu yang memang sempit dan ketat dia menggunakan strategi agar bisa selesai tepat waktu.


Hal pertama yang dia pastikan ialah tidak terganggu oleh sosial media. Dia memastikan tidak akan menyentuh sosial media. Andaipun menyentuhnya maka sekedarnya untuk selanjutnya konsentrasi kembali ke pekerjaan.

--

Memang sosial media yang sekarang ada seperti Facebook, Twitter, Google plus, Linked In, BBM, WA, Line dan beberapa nama lagi bisa mengganggu produktifitas seseorang. Beberapa orang melakukan berikut ini terhadap sosial media saat bekerja :


1. Log out dulu dari semua sosial media saat mereka harus berkonsentrasi tinggi atas pekerjaannya.


2. Bila dia menggunakan sosial media untuk mendukung kerjanya, maka pada saat bersamaan ada yang langsung menghidupkan laptopnya, tabletnya, dan hpnya secara bersamaan. Bahkan ada penulis, yang rela selalu membawa 3 laptop secara bersamaan. Satu laptop untuk media dia bekerja, satu laptop lagi untuk mengecek dan browsing mencari referensi, dan satu laptop lagi untuk mengecek email masuk. Dia juga menggunaka HP-nya untuk mengecek sosial media yang perting segera diresponnya. Dia melakukan itu semua agar tidak perlu membolak-balik layar laptopnya.


Sosial media itu penting, namun kalau tidak bijak memanfaatkannya maka akan menjadi kontra produktif.
Bagaimana menurut anda?




Jakarta, 23 hari lepas dari tanggal 8 Juni 2016

Fadjar Setyanto