Tuesday, July 26, 2016

Daya Literasi Anda Baik? Mari Kita Lihat

Apakah kita memiliki daya literasi yang baik? Untuk menjawabnya mari kita perhatikan beberapa kriteria di bawah ini.

Saat anda berkendara.
Bila anda patuh pada peraturan lalu lintas, mengerti dan mengaplikasikan cara aman berkendara, menghormati pemakai jalan lainnya, tidak parkir sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan, mengerti batas kecepatan, mengerti jarak aman, dan sejenisnya, maka anda dikatakan memiliki daya literasi berkendara dengan aman yang baik.

Saat menjadi pejalan kaki.
Bila anda berjalan di tempatnya yaitu trotoar, tidak menyeberang sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menghalangi pejalan kaki lainnya, dan sejenisnya maka anda dikatakan berliterasi dengan baik.

Saat anda menggunakan sosial media.
Bila anda tidak mengcopy paste dan mengaku-aku karya orang lain sebagai milik anda, selalu menyebutkan sumbernya saat anda menyampaikan suatu artikel, mengerti undang-undang telekomunikasi UU ITE dan mengaplikasikannya, maka anda dikatakan berliterasi dengan baik.

Bila anda seorang perokok.
Bila anda mengerti dimana boleh merokok, dimana tidak boleh merokok, menghormati orang yang yang tidak merokok, meminta ijin apakah boleh merokok atau tidak di tempat publik, tidak merokok di bis atau berkendara sepeda motor, tidak membuang puntung rokok sembarangan, maka dikatakan anda memiliki daya literasi yang baik.

Demikian beberapa contoh dengan daya literasi. Silakan anda perluas sendiri.


Jakarta, 49 hari lepas dari 8 Juni 2016
Fadjar Setyanto