Thursday, July 7, 2016

Apa Inspirasi Anda?

Inspirasi, berasal dari kata “inspiration” adalah satu kata yang memiliki makna banyak dalam bahasa Inggris. Berikut menurut kamus Longman Exam Dictionary, halaman 794/795 :
1. Ide bagus tentang apa yang anda hendaknya lakukan, tulis, katakan dan lain-lain khususnya apa yang anda dapatkan dengan tiba-tiba.
2. Seseorang, pengalaman, tempat dan lain-lain yang memberi anda ide untuk melakukan sesuatu.
3. Menjadi sumber inspirasi berarti ialah sumber yang memotivasi seseorang melakukan sesuatu.


Percaya atau tidak, bila kita memiliki inspirasi, maka melakukan sesuatu hal tidak akan merasa bosan atau jenuh atau capek. Kita pun mampu melakukan sesuatu dengan penuh energi dan kecepatan yang bagus.


Memiliki inspirasi membuat hidup makin lengkap, maka ada baiknya kita rajin mencari inspirasi. Misalnya anda terinspirasi dengan seseorang, maka anda harus berusaha mengenalinya terlebih dulu dan cintai. Cintai, kenali dan gali kelebihan-kelebihannya, maka hal itu akan menjadi sumber kekuatan yang tak akan pernah habis. 


Cara lain mendapatkan inspirasi ialah dengan mencatat semua ide remeh yang muncul sebanyak mungkin. Jangan batasi ide anda. Pada sesi berikutnya anda akan melihat ide mana yang bisa dijalankan dan mana yang tidak. Buatlah pengumpulan ide tersebut setiap pekan terus menerus.


Berani mencoba? Manusia dikatakan hidup bila memiliki inspirasi.


Jakarta, 29 hari lepas dari 8 Juni 2016
Fadjar Setyanto