Thursday, June 16, 2016

Jangan Menyerah



Menyerah adalah satu kata yang sangat mudah tapi berdampak bisa sangat merugikan. Mengapa demikian?


Berikut kira-kira hasil yang akan didapat bila orang hebat berikut menyerah di tengah jalan.


Kita tidak akan melihat gerai KFC bila Kolonel Sanders berhenti menawarkan ayam goreng buatannya ke investor. Karena dia tidak menyerah maka kita bisa melihat banyak gerai KFC di seluruh dunia. Lebih dari 1000 kali dia ditolak. Andai dia berhenti di penawaran yang ke 800, pastilah KFC tidak akan mendunia seperti saat ini.


Kita juga tidak akan membaca karya besar Harry Potter bila JK Rowling berhenti menawarkan bukunya setelah berkali-kali ditolak penerbit besar. Karena sang penulis tidak berhenti menawarkan maka kita bisa memikmati karya besar tersebut. Bahkan berbagai bahasa juga bisa menikmati karya besar tersebut. Masyarakat London juga bisa merasakan manfaat ekonominya dari keberadaan Harry Potter. Yaitu nilai wisata. Kalau anda ke London anda akan bisa melihat bangunan yang dianggap pintu gerbang ke sekolah sihir. Seperti gambar di atas.


Kisah perang Cina yang hebat salah satunya ialah membakar perahu. Saat itu seorang panglima perang memimpin penyerangan ke kerajaan lawan. Dia tahu bahwa lawannya cukup tangguh dan kuat. Pasukannya pun sebagian nampak agak takut menghadapi kerajaan ini. Akhirnya setibanya semua kapal laut di wilayah lawan, panglima ini memerintahkan agar semua perahu yang ada dibakar habis. Lalu dia mengatakan pada pasukannya,"Sekarang tidak ada jalan kembali. Pilihan kalian ialah maju, serang, menang, atau mati. Tidak ada lagi jalan untuk pulang". Pasukan tersebut akhirnya maju bertempur mati-matian, dan berhasil mengalahkan lawannya.


Kata-kata "pantang menyerah" adalah dua kata yang perlu jadi pegangan, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan ada di "tikungan" selanjutnya. Selama ada pilihan untuk mundur maka, kebiasaan kita ialah memilih mundur bila terasa lelah.


Apakah anda sedang memiliki suatu yang ingin dicapai? Mari jangan mundur di saat anda lelah. Pada saat anda lelah, silakan istirahat sejenak. Setelah itu mari teruskan usaha anda. Anda tak akan pernah tahu keberhasilan tinggal  selangkah lagi atau memang masih jauh bila anda berhenti.


Selamat mencoba.


Jakarta, 8 hari selepas tanggal 8 Juni 2016
Fajar