Saturday, June 18, 2016

Buku Lawas, Humor Asli Mahasiswa



Saat membongkar lemari saya menemukan buku ini. Humor Asli Mahasiswa, sebuah buku yang saya beli di tahun 1995 yang telah lampau.


Inilah kelebihan suatu karya berwujud buku. Sudah sembilas belas tahun yang lalu buku ini saya beli, ternyata isinya masih bagus. Masih enak pula dibaca.


Buku ini disusun oleh Profesor Doktor James Danandjaja. Buku ini berisi humor-humor di kalangan mahasiswa pada era 80an. Meskipun termasuk jadul tapi humor-humor itu masih tetap relevan untuk saat ini. Dunia mahasiswa ialah dunia tanggung, dalam artian mereka tahu hal-hal yang dianggap tabu namun belum layak dilakukan karena belum menikah secara resmi.


Berikut salah satu isi humor di buku tersebut. Selamat menikmati.


Dua orang pemuda Jom dan Tom terkesima melihat kecantikan seorang ibu muda yang sedang menyusui bayinya. Mereka pun bertaruh uang siapa yang bisa memegang payudara sang ibu akan menjadi pemenangnya.


Mulailah Tom mengawali aksinya. Dia ingat dia membawa pisang. Lalu diambilnya pisang itu lalu dia menghampiri sang ibu.


"Eh bayinya manis sekali ya bu, sudah berapa bulan?" Tanpa menunggu jawaban dari sang ibu, Tom melanjutkan kalimatnya,"Iya bagus sekali kalau setiap hari minum susu ibu," sambil berkata pada sang bayi dan pada saat yang sama telunjuknya menunjuk dan ditempelkan ke payudara sang ibu. 


"Nanti setelah susu ibu," tunjuk dan sentuh payudara, "Makan pisang," sambil menunjuk ke pisang.


"Setelah pisang, susu ibu", tunjuk dan sentuh lagi.


"Kalau rajin susu ibu", tunjuk dan sentuh lagi, " Akan menjadi kuat."


"Jadi susu di pagi hari", tunjuk dan sentuh. "Siang hari", tunjuk dan sentuh. "Malam mau bobo juga susu ibu lagi", tunjuk dan sentuh.


Melihat pemandangan apa yang dilakukan Tom, Jom jadi bingung, berapa banyak dia harus bayar Tom.



Jakarta, 10 hari lepas 8 Juni 2016
Fajar