Thursday, June 16, 2016

Apa Personal Branding Anda?



Apa  branding anda? Ini penting. Dengan mengetahui brand anda sendiri akan lebih mudah bagi untuk berkembang dan orang lain mengenal anda.


Ratna, seorang karyawati di sebuah bank besar, karena dia  dikenal sebagai orang yang teliti, hebat atas detail, visioner dan bagus atas strategi maka dia dikenal orang yang teliti dan bisa get things done  serta target oriented.  Perusahaan tempatnya bernaung juga mudah mengidentifikasi kelebihannya. Untuk posisi-posisi yang menuntut kerja detail perusahaan dengan mudah menjadikannya pada posisi procurement dari tahun 2010.


Atau sebut saja Ika seorang sales mobil yang tahu dengan baik detail mobil yang dijualnya  serta bagus dalam komunikasi dan pelayanan sudah memiliki brand. Calon pelanggan mendapat informasi dan solusi dengan akurat tentang apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Sehingga saat pembeli memutuskan membeli mobil mereka tahu pasti itulah mobil yang sesuai dengan kebutuhannya. Tidak mengherankan bila pelanggan lama memerlukan mobil baru maka mereka akan menghubungi Ika kembali.


Itulah brand. Brand ini perlu dibangun. Membangun brand itu tidak bisa dibangun hanya dalam semalam. Perlu berbulan-bulan bahkan tahunan. Oleh sebab itu bagi anda yang hobi pindah-pindah kerja harus mulai berfikir kembali. Anda juga harus selektif dengan pekerjaan di kantor yang akan ditempati kemudian. Misalnya kantor anda sekarang bergerak di bidang tekstil atau garmen, ya usahakan kalau pindah jangan ke kantor pengacara. Fokus mendalam atas apa yang dikerjakan akan membuat anda mahir. Semakin mahir anda maka anda layak dikatakan profesional di bidangnya. Anda profesional di bidang anda , jangan khawatir uang akan mengalir.


Buku di atas mengulas tentang bagaimana membangun dan merawat personal brand atau brand diri anda sendiri. Mengapa penting membangun brand atas diri sendiri? Karena anda adalah CEO atas perusahaan yang bernama DIRI ANDA. Sebagai perusahaan DIRI ANDA anda harus memasarkan perusahaan tersebut dengan baik. Khalayak ramai juga harus mengetahui keprofesionalan perusahaan DIRI ANDA sehingga khalayak tahu perusahaan itu memiliki kelebihan sehingga dengan mudah membedakannya dengan para pesaing.


Jakarta, 8 hari setelah 8 Juni 2016
Fajar