Monday, December 28, 2015

Mari Bantu Saudara Kita : Hematlah Listrik



Belum lama ini gubernur DKI Basuki menyataka bahwa dengan mengganti semua lampu penerang jalan dengan lampu LED maka akan terjadi penghematan listrik yang cukup signifikan. Nampaknya beliau, Pak Gubernur, tidak sekedar berwacana tetapi sudah "action". Sebagian lampu penerang jalan di kelurahan Cempaka Baru, Jakarta Pusat, sudah mulai diganti dengan lampu LED. Gambar atas ialah lampu jalan dengan lampu LED, sedangkan gambar di bawahnya ialah lampu penerang jalan model lama.

Memang dari sisi konsumsi listrik, lampu LED lebih sedikit mengkonsumsi listrik dengan kualitas penerangan yang sama. Penggunaan lampu LED memang bisa memgurangi konsumsi.

-----

Berbicara tentang hemat komsumsi listrik tentu saja bicara tentang menurunkan biaya pemakaian listrik. Dengan tarif dasar listrik yang naik secara berkala tentu saja rupiah yang harus kita keluarkan untuk listrik akan semakin bertambah.

Sangat bijaksana bila kita mulai memikirkan cara menghemat listrik. Beberapa cara berikut nampaknya layak dicoba :

1. Cabut charger hp atau alat listrik apapun yang tidak digunakan segera setelah kita tidak memakainya. Jangan biarkan charger hp atau alat listrik tersebut terus menancap di stop kontak.
Meskipun tidak digunakan, charger hp atau alat listrik yang terus menancap di stop kontak akan terus mengkonsumsi listrik.

2. Penerangan di dalam rumah usahakan bisa bersumber dari matahari pada siang hari. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah.

3. Pergunakan lampu hemat listrik seperti lampu LED. Sebagai info, lampu LED 10 Watt setara dengan lampu pijar 100 Watt. 

4. Saat anda berselancar internet, biasakan gunakan laptop atau seandainya hp anda memiliki fasilitas itu, gunakan saja daripada anda menggunakan PC. Konsumsi listrik untuk PC lebih besar daripada konsumsi listrik pada laptop atau hp.

5. Saat anda menghidupkan a/c cukup hidupkan dengan suhu 25 derajat celsius saja. Tidak perlu hingga suhu 16 derajat celcius. Dengan suhu 16 derajat celcius, kompresor a/c akan hidup terus sepanjang waktu sehingga membuat konsumsi listriknya akan tinggi.

Demikian beberapa trik untuk menghemat listrik. Mungkin diantara pembaca ada yang bicara ,"Yang penting berapapun tagihan listriknya saya bisa bayar".

Memang untuk poin urusan bayar membayar adalah urusan sangat pribadi. Namun kita perlu juga ingat bahwa listrik ada yang dihasilkan dengan tenaga bbm dan ada yang dihasilkan melalui tenaga air. Sumber-sumber penggerak pembangkit listrik itu bisa habis. Sungguh tidak bijak bila kita berboros-boros dengan listrik sementara banyak saudara kita belum mendapatkan listrik sama sekali.

Jakarta, 28 Des 2015
Fajar. Pengelola 
Http://www.latihan-english.com/