Monday, December 28, 2015

Ini Dia Makanan Yang Bikin Sehat

Bawang merah oleh pakar gizi dikatakan bisa mengencerkan darah. Sementara bawang putih diakui merupakan anti biotik alamiah.
Rupanya kebiasaan orang-orang tua dulu selalu memadukan bawang merah dan bawang putih dalam makanan secara tidak sengaja telah membuat mereka memiliki kehidupan sehat alamiah. Tidak heran bila di kampung  di pedesaan banyak orang tua masih sanggup melakukan pekerjaan yang relatif berat.
Makanan apa saja yang nampak tradisional tapi mengandung bawang merah dan atau bawang putih? Mungkin nama-nama berikut bisa menjadi referensi :
1. Acar
Acar yang nampaknya sederhana, ternyata selalu mengandung bawang merah, potongan wortel, dan mentimun. Semua kandungannya sangat bermanfaat untuk tubuh :
- Bawang merah, untuk mencairkan darah.
- Mentimun, untuk melawan kolesterol.
- Wortel, bagus untuk mata.
Ketoprak.
Ketoprak biasanya memakai bawang putih sebagai campuran bumbunya. Sementara kacang, ialah lemak nabati yang bermanfaat untuk tubuh.
Gado-gado
Gado-gado selain sayurannya, juga mengandung kacang yang merupakan lemak nabati yang tak jenuh.
Sambal terasi.
Dalam proses pembuatannya, sambal terasi banyak menggunakan bawang merah sebagai campuran bumbu.
Masih banyak makanan tradisional kita yang mengandung bawang merah dan bawang putih. Makanan ini layak disebut makanan sehat bukan junk food.
Mungkin ada yang berkata,"Tapi saya tidak suka sambel, acar, gado-gado atau ketoprak. Saya suka makan roti sandwich isi sosis dan burger".
Hal itu sih boleh-boleh saja. Namun.bila anda masih menginginkan ada kandungan manfaat bagi kesehatan dalam makanan anda, anda bisa mencoba : roti gandum, isi daging atau telur mata sapi sambil ditambahkan irisan bawang dan dilumuri saus pedas. Rasanya akan nikmat juga.
@Fadjar
www.latihan-english.com