Thursday, December 31, 2015

2016, Mau Menjadi Hewan Atau Manusia?

Menonton acara BBC Earth, sepertinya saya merasa sedang diberi "pelajaran" tentang hidup oleh para hewan.

Pemandangan pertama. Ada kejadian ikan paus bungkuk yang makan ikan Krill. Sekali makan dia bisa langsung menelan 3000 ikan Krill. Tapi waktu pesta makan tersebut hanya berkisar 6 jam. Setelah itu ikan Krill pergi kembali melanjutkan perjalanan dan ikan paus bungkuk juga pergi kembali. Mereka akan bertemu kembali beberapa bulan kemudian. Dalam perjalanan selanjutnya ikan paus akan menuju tempatnya berkembang biak. Mereka sama sekali tidak makan apa-apa lagi.

Pemandangan kedua. Ada juga hewan-hewan pemangsa berbagai jenis dari anjing laut, beruang, anjing hutan, dan banyak lagi hewan pemakan daging berkumpul di suatu teluk. Mereka berkumpul menunggu kedatangan ikan Salmon yang akan lewat. Pada saat ikan Salmon tersebut lewat, itu artinya mereka akan berpesta pora. Antara beruang, anjing laut, dan anjing liar tidak saling memangsa. Padahal bila di luar jam pesta tersebut sangat mungkin mereka saling memangsa.

-----

Dari kejadian pertama di atas, rupanya alam mengajari manusia agar jangan rakus. Ikan paus bungkuk makan super banyak sekali waktu sesuai porsi tubuhnya dan perjalanan yang akan ditempuhnya, tapi di luar jam tersebut mereka tidak makan hingga tiba waktu makan berikutnya. Sementara Krill menjadi makanan ikan paus bungkuk, karena bila tidak dimakan ikan paus bungkuk justru akan terlalu banyak ikan Krill sehingga akan tidak baik bagi komunitasnya.

Berbeda dengan manusia yang bisa "makan" apa saja di luar porsinya. Sehingga banyak yang korupsi. Manusia banyak menimbulkan kerusakan. Jadi kalau manusia "makan" apa saja di luar porsinya, mohon maaf, bisa dikatakan pada saat itulah dia akan lebih rendah dari pada hewan.

Kejadia kedua di atas. Menggambarkan termyata bila kepentingannya sama, maka para hewan tersebut tidak saling memangsa. Demikian juga manusia, mungkin banyak ditampilkan oleh para politisi. Bila mereka punya kepentingan yang sama maka mereka akan bekerja sama demi memenuhi kebutuhan "syahwat"nya akan kekuasaan, pengerukan kekayaan negara dan sebagainya.

Nah, pada saat "kebutuhan" mereka sudah terpenuhi, maka mereka akan bertarung sendiri saling berkelahi. Kejadian ini samgat mirip dengan hewan-hewan di contoh kedua, bukan?

Memasuki tahun 2016 semoga kita semua akan menjadi manusia yang lebih baik. Mari ambil contoh yang baik dan buang yang buruk dari alam.


Jakarta, 31 Des 2015
Fajar
Pengelola : www.latihan-english.com