Wednesday, March 8, 2017

Mengatasi Keyboard Laptop Yang Eror



Salah satu hal paling tidak menyenangkan ialah saat kita akan memakai suatu peralatan tiba-tiba peralatan itu "ngambek". Ini terjadi pada saya.

Sudah lebih dari dua bulan laptop saya tidak saya operasikan, tiba-tiba begitu saya akan operasikan terjadi eror terhadap keyboard laptop saya. Saya tidak bisa memunculkan angka 0. Bila saya pencet tuts 0 maka yang muncul ialah /, sementara kalau saya ingin memunculkan ( maka yang muncul ialah angka 9. Masih ada beberapa keanehan yang yang terjadi.

Saat laptop saya akan shut down juga terjadi update software cukup besar, sehingga waktu shutdown memerlukan waktu yang lebih lama. 

Ternyata karena lama tidak saya pakai, waktu start up pun memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Saya berinisiatif membersihkan keyboard. Keyboard laptop saya bersihkan dengan cara menyemprotkan udara yang keluar dari vacuum cleaner. Semprotan udara yang cukup keras saya arahkan ke keyboard. Harapan saya ialah debu-debu yang berada di sela-sela keyboard bisa hilang. Saya lakukan untuk beberapa menit mungkin sekitar lima menit. Setelah keyboard ditiup dengan vacuum cleaner, saya pun menghidupkan kembali laptop saya, dan ternyata segala eror yang terjadi pada keyboard teratasi.

Jadi ternyata keyboard laptop bisa eror bila terkena debu (lama tidak dipakai) atau jarang dibersihkan. Kemungkinan lain bila laptop tertekan untuk cukup waktu yang lama. 

Niat saya kalau dengan cara meniup keyboard tidak berhasil, maka tak ada jalan lain harus dibawa ke ahlinya alias service centernya.