Friday, April 24, 2015

Perlunya Mengajarkan Tata Tertib Sholat Jumat pada Anak Laki-laki Muslim

Siang ini saya melakukan sholat Jumat di masjid dekat rumah. Waktu masih kurang sepuluh menit menjelang adzan dan khatib naik mimbar.

Nampak ada beberapa group anak-anak laki-laki sedang berdiri dan berlari-larian sementara beberapa group duduk sambil bergerombol.

Suara anak-anak itu demikian hebohnya. Bahkan hingga khatib naik mimbar suara gaduh itu masih tetap muncul dan bersaut-sautan. Beberapa orang dewasa yang terpancing dengan kegaduhan itu berusaha menegur dengan berkata ,"Huus diam."

Berkata-kata seperti yang dilakukan anak-anak itu saat khatib sudah naik mimbar tidaklah dibenarkan menurut tata tertib sholat Jumat. Namun perbuatan beberapa orang dewasa yang menegur dengan berkata ,"Huus diam," itupun juga tidak dibenarkan.

Memang alangkah baiknya saat sholat Jumat, anak-anak tetap berada dalam pengawasan orang tua atau orang yang lebih tua. Mereka tidak dilepas begitu saja bersama teman-temannya sehingga mereka bergerombol di dalam masjid.

Bagi guru agama Islam di sekolah dan di pengajian rasanya sudah perlu ditekankan bagaimana aturan sholat Jumat sehingga mereka para siswa mengerti tata tertib sholat Jumat.



---------------------------------
www.latihan-english.com