Tuesday, April 7, 2015

Mudahnya Membeli Tiket Kereta Api

Membeli tiket kereta api saat ini relatif mudah. Berbagai saluran bisa digunakan. Namun diantara kelebihan tersebut ada beberapa kekurangan untuk sebagian orang tentunya.

Membeli tiket di mini market Indomaret.

Ada dua macam cara membeli tiket di Indomaret. Pertama melalui kasir dan kedua melalui booth khusus tiket kereta. Kelebihan membeli tiket melalui kasir ialah mudah cepat, namun pilihan kursi yang bisa dipilih terbatas. Sementara kelebihan membeli melalui booth ialah Anda bisa memilih hingga nomor kursi yang diinginkan. Anda hanya perlu waktu lebih lama untuk mendapatkan nomor kursi yang diinginkan. Setelah Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan Anda bisa langsung membayar di kasir. Tahap terakhir yang Anda perlukan ialah mencetaknya di stasiun saat Anda akan naik kereta.

Membeli tiket melalui aplikasi android.

Anda tentu saja harus menginstal terlebih dulu aplikasi PT KAI yang bisa didapat di Google Play. Melalui aplikasi ini Anda bisa mencek sisa kursi yang tersedia. Anda juga bisa memilih nomor kursi yang Anda inginkan. Setelah ada konfirmasi maka Anda harus segera melakukan pembayaran bisa melalui ATM atau melalui mini market. Biasanya Anda akan diberi waktu sekitar 30 hingga 60 menit. Bila Anda tidak yakin dengan jarak Anda saat memesan dengan Minimarket, jangan coba-coba, karena Anda bisa kehabisan waktu. Bila Anda berhasil membayar harga tiket melalui kasir, maka Anda harus mencetaknya di stasiun saat akan berangkat.

Membeli tiket di loket stasiun.

Metode lain membeli tiket kereta ialah dengan mendatangi lokasi loket langsung di stasiun. Anda bisa membeli tiket jurusan manapun di loket. Kelebihan membeli tiket metode ini ialah Anda bisa memilih nomor kursi di gerbong manapun. Setelah mendapatkan apa yang Anda inginkan Anda bisa langsung membayarnya. Fisik dari tiket pun Anda sudah bisa bawa pulang tanpa harus mencetaknya lagi saat Anda akan naik kereta. Kelemahannya ialah tentu saja Anda harus menyediakan waktu dan tenaga ekstra untuk antri. Bila Anda beruntung antrean hanya memerlukan waktu 30 - 45 menit, tapi tak jarang Anda akan menunggu hingga 2 jam bila penumpang yang akan membeli banyak.

Silakan metode mana yang akan Anda pakai, Anda yang lebih tahu situasi Anda sendiri.