Thursday, September 4, 2014

Trik Agar Siswa Tidak Tumpul

Seketika kelas sunyi senyap. Para siswa sibuk melihat ke arah selembar kertas yang ada di hadapannya. Mereka berfikir untuk "menaklukan" persoalan yang ada di hadapannya. Untuk beberapa menit ke depan mereka sibuk. Beberapa kali mereka nyeletuk akan keberhasilannya memecahkan suatu persoalan. Setelah beberapa saat, beberapa siswa yang telah berhasil memecahkan persoalan mulai "pamer" bahwa mereka berhasil mengerjakan ini dan itu.
Itulah dunia siswa yang senang bermain. Dunia ini tidak perlu dikurangi. Dunia yang senang bermain ini hanya perlu dikombinasikan dengan pembelajaran sehingga apapun kegiatan yang dilakukan ada sesuatu yang bisa diambil manfaatnya.
Pada kurikulum 2013 yang sekarang sedang dilaksanakan memang menuntut guru lebih memiliki banyak variasi dalam pembelajaran.
Seorang guru yang baik memang selayaknya harus terus dan terus belajar agar dirinya berkembang. Era dimana pembelajaran satu arah saja sudah usang. Hal yang dituntut saat ini ialah guru kreatif dan penuh empati saat mengajar.
Ada satu pepatah dalam bahasa Inggris yang bisa mengingatkan kita para pendidik dan orang tua :"work all day makes Jack a dull boy." Yang artinya secara bebas kira-kira begini :"belajar serius di kelas tanpa ada bermain akan membuat siswa-siswi stress dan tidak kreatif."
Fadjar
Http://www.latihan-english.com/