Saturday, September 6, 2014

Mister.......Ada PE ER Lagi.....


“Mister, kalau ini apa jawabannya?”

“Mister, apa artinya dari ini?”

“Mister, apa sangsi orang yang melakukan ini?”

“Mister, bagian-bagian dari ini apa saja?”

“Mister, tahapa-tahapan dari ini apa saya.” Demikian pertanyaan-pertanyaan yang diluncurkan para murid saya. Mereka saling berlomba ingin masalahnya terpecahkan lebih dulu.


“OK, sekarang coba kita bahas satu per satu”, saya menenangkan mereka.
Saya pun mulai memberi tugas pada beberapa murid yang bertanya tentang PR sekolahnya pada saya sore hari ini.

Mereka membawa buku-bukunya di luar pelajaran Bahasa Inggris dimana biasanya mereka kursus Bahasa Inggris dengan saya.

Saya katakan pada mereka bahwa untuk menjawab pertanyaan kamu, coba kamu cari kata-kata pokoknya yang sesuai dengan pertanyaan yang ada di buku kamu (kata yang saya gunakan untuk istilah kata kunci). Salah satu pertanyaan yang ada ialah :”Apa itu apartemen?”.

Mereka saya minta mencari dalam bacaan mereka yang panjang kata “Apartemen ialah…”. Mereka pun sibuk mencari kata tersebut di serangkaian bacaan yang cukup panjang. Begitu seterusnya, hingga semua tugas mereka terjawab. Saya tidak memberi mereka jawaban instan, tapi saya minta mereka mencarinya dengan metode yang saya minta mereka untuk lakukan.

Saya berkeyakinan bahwa dengan tidak memberikan jawaban instan maka mereka akan mengerti apa yang sedang mereka kerjakan.

------

Melalui metode yang saya pakai untuk membantu murid-murid saya itu, saya sudah memperkenalkan kata KUNCI serta aktifitas SCANNING dan SKIMMING pada mereka.

Menurut definisinya,

1. Scanning, ialah tehnik membaca dengan langsung menuju pada sasaran. Tidak perlu membaca dari awal tapi langsung ke halaman dimana informasi itu ada.

2. Skimming, ialah langsung mencari informasi yang diperlukan. Siswa mencari kata kunci dari pertanyaan atau persoalan yang ditanyakan.

Dengan menggunakan metode Scanning dan Skimming serta mengenal kata kunci maka aktifitas membaca akan menjadi lebih cepat. Dengan melatih membaca cepat, maka akan semakin banyak buku yang bisa dibaca.


Fadjar
Pengelola


Catatan :
Kata "mister" adalah panggilan yang mereka sematkan ke saya, karena mereka terbiasa memanggil saya saat kursus.