Sunday, September 21, 2014

Mister, Bahasa Inggrisnya Gampang Banget

"Mister, saya di sekolah baru dapat 'can you', 'would you', sama 'do you', cerita murid-murid saya yang kelas 7 sekarang.

"Kamu disuruh apa?", tanya saya.

"Disuruh ngapalin doang", sahut mereka.
"Kamu bisa dong kalau ulangan", kata saya.

"Banget, mister, gampang," sahut mereka, "Tapi jadi bosen."
Para siswa kelas 7 atau sama dengan kelas 1 SMP baru diajarkan 'can you' dan itu pun hanya diperintahkan menghafal?. Padahal materi pembelajaran bahasa Inggris sangat banyak. Belajar bahasa asing bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara instan.

Melihat fakta di lapangan cukup menyedihkan. Tahun 2015 sudah masuk Pasar Bebas ASEAN dimana orang-orang di wilayah ASEAN bisa bekerja di negara mana saja di wilayah ASEAN. Sementara pelajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa pengantar yang banyak dipakai belum dipelajari secara mendalam.

Apa yang bisa dibanggakan dari kondisi demikian? Apakah ini yang dikatakan kemajuan? Seorang siswa kelas 7 belum memiliki kosakata bahasa Inggris yang cukup?

Beberapa informasi yang saya dapatkan ialah SMP swasta kenamaan memang mengatakan bahwa mereka memakai kurikulum 2013 tapi dalam prakteknya mereka memakai gaya kurikulum terdahulu. Mereka tidak mau memakai gaya kurikulum 2013. Alasan mereka memakai gaya lama ialah sederhana saja ,"Murid saya akan bisa apa dengan gaya pembelajaran seperti itu?"

Sementara beberapa sekolah mengaplikasikan kurikulum 2013 dengan hasil seperti yang diceritakan murid saya di atas.

Yang terbaik tentu saja orang tua proaktif. Lihatlah sekeliling anda. Lihatlah fakta standar ketrampilan anak-anak anda dibanding apa yang harus mereka kuasai di masa yang akan datang. Kalau anda ingin mereka mampu beradaptasi lihatlah apakah ketrampilan yang dipelajarinya sekarang cukup atau tidak.

Umumnya ketrampilan standar yang harus dimiliki ialah ketrampilan :

- Bahasa
- Matematika
- Membaca (nalar dan analisis)

Maka kembangkanlah area itu sewaktu mereka di masa sekolah.

Bila di sekolah tidak mencukupi maka perlu dipertimbangkan menambah belajar di luar jam sekolah dengan les atau kursus.



Fajar
Pengelola kursus
"my english"

#bahasa
#kurikulum