Saturday, September 28, 2013

Saat Air Pam Berwarna Kopi Susu

BUKU FAJAR - Mendapat kiriman bbm berupa foto di atas dari seorang teman, Saya terkejut sekali dan bertanya,"Kok bisa?."

"Air PAM berwarna seperti kopi susu."

Saya memutar ingatan ke waktu yang sama saat informasi dari teman tersebut disebarkan. Saya ingat benar bahwa kran di rumah saya yang tak pernah mati malam atau siang. Air di rumah saya tidak terkena dampak seperti itu. Kami selalu membuka kran kecil saja karena kami tidak punya bak penampung. Hal itu dimaksudkan agar selalu ada air di bak. Kami khawatir kalau dibuka besar maka air akan terbuang percuma bila kami lupa mematikan.

Kembali ke pembicaraan awal tentang air PAM berwarna kopi susu. Hari ini saat saya pergi ke PAM untuk suatu keperluan, saya mendengar seseorang mengadukan permasalahan yang sama dengan yang dihadapi teman saya. Saya mendengarnya samar-samar tapi jelas pembicaraan itu membahas air PAM yang berwarna kopi susu.

Keingintahuan saya timbul. Agar lebih jelas, setelah urusan saya selesai, saya pun bertemu dengan petugas pelayanan pelanggan.

"Hal seperti itu perlu dilaporkan ke kami, Pak," demikian kata petugas tersebut.

"Berdasarkan tanggal kejadian, tidak ada perbaikan dari PAM, jadi kami dari PAM harus mencek kondisi peralatannya."

"Kemungkinan terjadi masalah di peralatan pelanggan jadi kami harus menceknya."

Dari hasil percakapan tersebut, saya jadi mengerti kondisinya. Beberapa tahun yang lalu memang pipa yang melintas di sepanjang jalan di depan rumah saya pernah diganti dengan pipa plastik besar oleh PAM sementara pipa besi yang lama sudah tidak dipakai lagi. Saya tidak tahu apakah pipa jalan di depan rumah teman saya diganti juga atau tidak.

Jadi bila ada masalah seperti di atas ada baiknya memang segera laporkan ke pihak terkait karena mereka tahu seluk beluknya.


@fajarsetyanto
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Wednesday, September 25, 2013

Jam Malam Anak Jam 19? Ini Pasti Salah.

BUKU FAJAR - Rencana Pemprov DKI akan memberlakukan jam malam jam 19 seperti link ini : Ujicoba Oktober, Siswa Dilarang Keluar Rumah Jam 19.00 | Info Kota Jakarta http://infojkt.com/ujicoba-oktober-siswa-dilarang-keluar-rumah-jam-19-00/, bisa dipastikan akan menuai protes. Mengapa?
Jam 19 diberlakukan sebagai jam malam adalah hal yang sangat-sangat tidak masuk akal dan super sulit dilaksanakan.
Berikut adalah kegiatan yang masih bisa dilakukan oleh anak pada jam 19 secara bertanggung jawab:
Pertama.
Membeli peralatan sekolah atau buku.
Dengan jam kerja orang tua yang panjang, maka jam-jam tertentu orang tua baru bisa mengajak keluar anaknya untuk membeli kebutuhan sekolahnya. Misalnya orang tua baru sampai jam 19.30 di rumah, maka setelah jam 19.30 lah orang tua baru bisa memenuhi kebutuhan sang anak. Bagaimana bila ada jam malam pada jam 19?
Kedua.
Selain dari itu, ada kemungkinan anak tidak bisa membeli kebutuhan sekolah di saat jam sekolah, dan dia baru bisa melakukannya setelah sholat Isya. Tanpa ditemani orang tua, anak (SMP ke atas) bisa membelinya sendiri. Lalu bila ada jam malam pada jam 19, bagaimana si anak bisa memenuhi kebutuhannya?
Ketiga.
Ada beberapa kebiasaan, anak mengaji setelah maghrib dan setelah sholat Isya baru selesai. Sholat Isya baru selesai jam 19.30. Bagaimana bisa mendidik anak sholat berjamaah bila ada jam malam pukul 19?
Ketiga contoh di atas baru beberapa hal yang bisa dilakukan pada jam 19. Bila diperpanjang maka akan timbul beberapa deret lagi seperti, les, belajar bersama di rumah teman, makan malam keluarga, berobat ke dokter, dan sebagainya.
Tujuan dari jam malam itu sangat bagus, tetapi dengan menetapkannya pada jam 19, adalah hal yang sangat aneh.
Bagi pemprov, semoga tidak hanya mendengarkan segelintir orang yang mungkin tidak punya anggota keluarga yang disebut "anak-anak" sehingga mereka tidak peka dengan kondisi sebenarnya.
Kalau misalnya dibuat jam 22 sebagai jama malam, hal ini masih wajar dan tentu akan mendapat dukungan dari masyarakat. Masalah yang sesungguhnya ialah, "keluyurannya" anak-anak ABG (di bawah 17 tahun) setelah jam 22.
Tentu saja pada jam 22 lebih anak-anak masih "keluyuran" adalah hal yang sangat aneh.
Masyarakat pun dengan senang hati akan mengontrol kampungnya agar tidak ada anak-anak "keluyuran" setelah jam 22. Karena anak-anak "keluyuran" setelah jam 22, bisa dipastikan akan membuat masalah. Apalagi bila diberi payung peraturan oleh pemprov.
Sekali lagi, kalau jam 22, besar kemungkinan akan didukung masyarakat. Tapi kalau jam 19, bisa dipastikan penolakan masyarakat akan sangat tinggi.

@fajarsetyanto
Powered by Telkomsel BlackBerry®











Sunday, September 22, 2013

Berbelanja di Pasar Sumur Batu

Pagi ini saya menyempatkan diri ke pasar Sumur Batu. Pasar itu tidak terlalu jauh dari rumah saya.

Belanja barang-barang kebutuhan di pasar bisa merupakan kegiatan yang menyenangkan. Saat ini pasar sudah tidak kotor seperti beberapa tahun yang lalu. Dengan demikian berbelanja di pasar bisa menjadi salah satu aktifitas yang mengasyikan.

@fajarsetyanto
Pengelola :
www.latihan-english.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Thursday, September 19, 2013

Buah Manis Dari Investasi

"Sir, Saya sudah menjual tiga mobil minggu ini," demikian Ika salah satu peserta privat saya bercerita kepada Saya.
"Wah luar biasa, padahal kan kamu baru gabung di Honda 2 minggu yang lalu", demikian komentar saya.
"Betul, Sir, saya juga baru jualan hari Senin kemarin," tambahnya,"jadi Alhamdulillah saya jualan sehari satu mobil pekan ini."
"Dan nilainya lebih dari 500 juta!", tambah saya
-----
Apa yang dialami Ika bukanlah suatu kebetulan. Keberhasilan itu adalah hasil kerja keras Ika sejak dua tahun yang lalu saat dia bergabung sebagai sales counter di sebuah perusahaan mobil Eropa ternama.
Saat itu, dengan kondisi mobil Eropa yang termasuk premium untuk sebagian besar orang Indonesia, Ika berhasil menjual setiap bulan minimal 1 atau 2 mobil sesuai target perusahaan.
Saat itu untuk membekali dirinya, dia rajin membaca buku-buku yang ditulis "pakar" penjualan dan pemasaran dan motivasi seperti buku dari Hermawan Kartajaya dan Maxwel.
Hal yang terpenting pada saat itu ialah Ika telah investasi berupa pelayanan yang baik terhadap pelanggannya. Ika telah memberikan pelayanan kepada pelanggannya dengan sepenuh hati.
Semua kebutuhan pelanggannya diusahakannya ada di satu pintu. Bila ada masalah dengan mobil pelanggan saat itu, dan di saat pelanggannya bertanya padanya, maka dengan senang hati dia membantu sehingga masalah pelanggannya terpecahkan seperti misalnya menguruskan asuransi kecelakaan.
Berbeda dengan kebanyakan sales mobil, dia tidak mau membuat pelanggannya repot, sehingga meskipun pelanggannya bertanya masalah tehnis dan tidak mengarah ke penjualan (selama masih koridor pekerjaannya) maka dia akan membantu mereka.
Pernah ada suatu kali pelanggannya ingin menjual mobil yang pernah dibeli darinya. Pelanggan itu menghubungi Ika untuk bertanya bagaimana menjual mobil miliknya. Sebenarnya bisa saja ia tidak membantu sama sekali, karena tidak ada pemasukan secara finansial untuknya. Namun Ika tetap membantu pelanggan tersebut hingga mobilnya bisa terjual.
Singkat kata, Ika selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggannya.
@fajarsetyanto
www.latihan-english.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®











Tuesday, September 17, 2013

Cempaka Putih : Warna Hijau Tak Wajar Di Sungai

BUKU FAJAR - Pagi 16 September 2013 jam 10 saya melintas Jl Pramuka Sari I sebelah kompleks TNI AL. Sungguh terkejut saya saat melihat kondisi sungai yang berwarna hijau aneh dan tak wajar.

Saya penasaran, saya arahkan kendaraan saya untuk mengitari sungai itu, dan ternyata memang benar bahwa warna airnya tidak wajar.

Saya cek sampai dimana warna hijau aneh seperti itu. Ternyata mendekati jembatan serong warna hijaunya sudah berubah kembali ke arah gelap seperti sedia kala.

Semoga warna hijau aneh tersebut bukan berasal dari limbah yang berbahaya untuk lingkungan. Ada baiknya pihak kecamatan Cempaka Putih mencek penyebab warna hijau aneh tersebut.

@fajarsetyanto
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, September 16, 2013

Waduh, (Foto) Mukanya Disobek

BUKU FAJAR - Saat sedang berada di tol lingkar luar arah Cijantung tiba-tiba mata saya tertumbuk pada gambar seperti yang ada di foto.

Gambar-gambar itu adalah foto caleg dari partai tertentu. Ada tiga buah gambar dari stiker yang sama. Gambar pertama dan kedua posisinya masih utuh. Sementara gambar yang ketiga, pada lokasi wajahnya sudah disobek tangan-tangan jahil.

Saya hanya berfikir,"Apa perasaan sang pemilik wajah bila dia tahu stiker seperti ini ya?"

Stiker ditempel di bak belakang truk. Truknya juga buka truk yang relatif bergengsi. Bahkan truk itu bisa jadi mengangkut apa saja dari yang kotor-kotor hingga yang bersih.

Saran saya pada para caleg yang akan datang :"Tidak usahlah bikin stiker dan ditempel dimana saja di sembarang tempat."

Ini adalah masalah branding. Kalau gedung dewan adalah gedung yang terhormat, maka di dalamnya juga orang-orang terhormat. Kalau ingin menjadi anggota dewan yang terhormat, kalau bisa cara-cara yang dilakukan juga cara-cara yang terhormat. Jangan "hantam kromo".

Berikut tempat-tempat yang sebaiknya dihindari para caleg untuk promosi :
1. Tiang listrik (karena saingan dengan iklan badut dan sedot wc).
2. Tembok rumah atau pagar rumah orang (karena saingan dengan iklan sedot wc dan service ac).
3. Bagian belakang kendaraan umum atau truk. Kalau di bagian belakang kendaraan pribadi, ok-lah masih wajar.
4. Pohon-pohon, karena dengan meletakkan di pohon berarti sudah mengotori dan menyakiti pohon.

Demikian sumbang saran saya untuk para caleg yang akan datang saat menjaring pemilih. Diantara sekian usaha di atas, namun usaha yang sangat dan paling efektif ialah datangi masyarakat di Dapil anda. Tak kenal maka tak sayang. Buat apa juga memilih orang yang tidak dikenal. Begitu kira-kira.


@fajarsetyanto
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Belajar Dari The Beatles

BUKU FAJAR - Mendengarkan lagu-lagu The Beatles di pagi hari sangat menyenangkan.

Lirik dan musik yang sederhana, membuatnya mudah "dikonsumsi" telinga.

Sambil mendengarkan gembrang-gembrengnya saya teringat bahwa The Beatles memiliki produkstifitas yang sangat tinggi dalam menghasilkan lagu. Mereka juga rajin berlatih. Yang terpenting juga ialah kesederhanaan dan panjangnya lyric yang pendek-pendek. Maksimal rata-rata 3 menit saja panjangnya. Kombinasi dari kesederhanaan lyric dan tidak terlalu panjangnya lagu membuatnya enak dinikmati.

Dari The Beatles, Saya bisa menyimpulkan bahwa :
- kreatifitas
- kesederhanaan
- dan terus melakukan tanpa henti,
merupakan salah satu kunci menciptakan "brand" yang kuat dalam bidang apapun.

Dikarenakan saya pengajar bahasa Inggris, saya ingin mengatakan bahwa saat seorang belajar bahasa Inggris maka lakukanlah dengan berbagai variasi belajar agar tidak bosan, sederhanakan materi belajar anda, dan lakukan tanpa henti. Semoga cara-cara ini bisa meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris anda.

@fajarsetyanto
http://www.latihan-english.com/
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sunday, September 15, 2013

Bertemu Teman SMA

BUKU FAJAR - Bertemu teman-teman lama memang sangat istimewa. Apalagi bila masa yang dilalui bersama itu ialah masa SMA.

Hari ini saya hadir di acara pertemuan teman-teman sewaktu di SMA 1 Jakarta, kelas III Biologi dulu. Kami tamat tahun 1990.

Kalau ingat masa-masa itu memang lucu sekali. Ada yang punya titel "pi-ong"; ada yang pernah mendapat surat palsu; ada yang bergelar "tomat"; ada yang bergelar si "ganteng"; ada yang membolos cuma untuk foto-foto; ada yang dikeroyok group lain; ada yang selalu mengejek urusan anatomi tubuh dan sebagainya. Yang membuat "asyik" ialah saat melihat foto-foto dimana saat itu badan para personel kelas belum "melar" seperti sekarang.

Saya sendiri heran saat melihat foto saya sendiri saat itu. Saya sempat bertanya ke teman"Ini guekah?".

Bertemu teman-teman lama memang selalu mengasyikan.

@fajarsetyanto
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Saturday, September 14, 2013

Matinya Kepedulian

BUKU FAJAR - Pasar Rebo
Ketidakpedulian terhadap sesama ternyata bukan hanya milik orang yang disebut golongan "the haves". Orang-orang yang disebut "kelas bawah" pun sering tidak peduli terhadap sesama.

Gambar di atas adalah pemandangan di Cijantung, dimana bis dengan semena-mena menghentikan kendaraannya padahal di belakang bis tersebut banyak kendaraan yang menunggu.

Sang sopir tidak peduli meskipun sudah diklakson bertubi-tubi oleh mobil-mobil di belakangnya. Pernahkah terbayang oleh sang supir bahwa di dalam kendaraan-kendaraan yang ada di belakangnya ada orang sakit yang butuh pertolongan cepat? Dia tidak pernah memikirkan andai hal itu terjadi terhadap keluarganya sendiri.

Menyedihkan memang bahwa kepedulian terhadap orang menjadi barang langka.

Contoh lain ketidakpedulian ialah demo yang menutup jalan, terlebih jalan tol. Bagaimana di kala jalan tol ditutup, ada orang sakit atau akan melahirkan yang butuh pertolongan cepat? Pernahkah para pendemo itu bertanya bagaimana bila terjadi terhadap keluarga mereka sendiri?

Menyedihkan sekali memang. Banyak yang minta diperhatikan atau dipedulikan tapi di satu sisi kepeduliannya sendiri telah mati.

Semoga kita selalu ingat nasihat bijak :"Lebih baik memberi daripada meminta."

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Kemayoran : Kondisi Metro Mini, Nggak berubah

BUKU FAJAR - Saat melintas di Jl Benyamin Suaeb semalam 13 September 2013, masih banyak nampak bis metromini tidak memiliki lampu belakang, baik lampu kota atau lampu rem.

Mungkinkah razia yang dilakukan Dephub belum membuat jera bis-bis tersebut.

Semoga aparat Pemprov DKI sedang tidak dipermainkan oleh pengusaha bis metro mini dengan janji bohong mereka. Beberapa hari yang lalu banyak metro mini yang dikandangkan karena tidak lengkap. Mereka akan dilepaskan bila bisa memenuhi janji mereka untuk melengkapi bis mereka.

Apakah janji mereka sudah dipenuhi? Agak-agaknya aparat pemprov DKI harus mengecek ulang janji para pengusaha metromini tersebut.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Friday, September 13, 2013

Saat Aki Tidak Kompak

BUKU FAJAR - Dua hari yang lalu tiba-tiba aki mobil saya "protes". Dia tidak mau membangkitkan listrik untuk mobil saya. Beberapa kali diusahakan tetap saja akinya tidak mau mengangkat mesin mobil supaya menyala.

"Akinya masalah lagi nih," demikian saya bicara dalam hati.

Saya mengingat-ngingat memang sudah dua tahun sejak penggantian aki terakhir. "Sebelum ini umur akinya juga dua tahun, sekarang umurnya juga dua tahun."

Akhirnya saya menelpon Shop and Drive untuk mengirim aki ke rumah.

Setelah menunggu selama satu jam, lalu tibalah aki dari Shop and Drive. Saya segera meminta petugasnya untuk mengganti aki yang lama dan memasang yang baru. Setelah 15 menit siaplah aki baru di tempatnya. Saya menstater mobil, dan segeralah mobil itu aktif kembali.

Saya tanya kepada petugasnya,"Apakah umur aki memang cuma dua tahun?."

Jawabnya,"Begitulah pak."

"Rata-rata satu tahun setengah hingga dua tahun."

"Gimana menghindari kejadian seperti ini? Yaitu mendadak tidak mau distater padahal semalam masih bisa distater."

"Bapak bagusnya sebulan sekali periksakan aki di Shop and Drive, sekalian menjaga agar garansi aki berlaku terus selama satu tahun."

"Ok deh, perlu saya coba" jawab saya.

Memang tidak enak, bahkan sangat tidak enak bila tiba-tiba mobil menjadi tidak "kompak" saat akan diajak pergi.


@fajarsetyanto
http://www.latihan-english.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Thursday, September 12, 2013

Tukang Ojeg Galau

"Bang ojegnya yang cepet ya, saya udah kesiangan," kata seorang Ibu kepada seorang tukang ojeg.

Tiba-tiba ibu itu berkata lagi ,"Bang, jangan kebut-kebut ye, saya takut."

Tukang tersebut jadi bingung sekali. Dalam hati dia berfikir bahwa ibu ini katanya minta cepat sampai, katanya pula dia sudah kesiangan, lalu dia berkata agar jangan cepat-cepat. "Lalu yang benar yang mana nih?", tukang ojeg itu berfikir keras.

-----

Pola penyampaian komunikasi yang tidak tepat memang sering membingungkan orang lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan salah faham.

Inilah yang membuat ketrampilan berbahasa sangat perlu. Hal-hal sederhana semacam ini pulalah yang membuat pelajaran bahasa selalu diikutkan dalam ujian apapun. Ujian UN untuk SD, SMP, SMA, ujian masuk Universitas, bahkan ujian penerimaan pegawai dan ujian kenaikan pangkat selalu menyertakan ujian bahasa, baik bahasa Indonesia atau pun bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Memang sepandai apapun seseorang bila tidak memiliki ketrampilan berbahasa tidak akan menjadi isitimewa. Akan tetapi orang biasa-biasa saja yang memiliki ketrampilan berbahasa, bisa menjadi orang yang istimewa.

Mari latih, ketrampilan berbahasa kita. Jangan fikirkan usia anda. Ketrampilan berbahasa akan sangat berguna bagi anda, berapapun usia anda.


@fajarsetyanto
http://www.latihan-english.com/
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jam Malam Anak

BUKU FAJAR - Gubernur Joko Widodo berencana akan menerapkan jam malam untuk anak di Jakarta. Hal ini memang didasari kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami Dul anak Dhani.

Semoga rencana Gubernur Joko Widodo tidak berhenti hanya di tahapan wacana saja. Peraturan ini sudah mendesak karena memang sudah cukup mengkhawatirkan.

Di "desa" tempat saya tinggal di Jakarta, saya sering saya melihat kegiatan anak-anak SD hingga SMP berkumpul dan bergerombol. Bahkan bila ke radius yang lebih luas lagi, tidak sedikit anak-anak yang berboncengan berpasangan laki-laki dan perempuan. Si anak perempuan memakai celana pendek.

Yang menyedihkan lagi ialah, seorang tetangga sepulang sholat shubuh pernah melihat 4 anak SMP. Satu orang diantara mereka perempuan. Si anak perempuan mengenakan celana pendek. Saat itu tetangga saya tersebut tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak ada dasar hukum untuk menindak mereka. Mereka tidak bisa diusir karena mereka pun tidak berbuat onar hanya duduk dan bicara "ngalor ngidul".

"Kok belum pulang?", dan"Mengapa kumpul disini?". Hanya kalimat itu yang bisa keluar dari mulut tetangga saya.

Seandainya ada dasar hukum untuk membatasi jam anak-anak keluar rumah di malam hari, pasti tetangga saya bisa bertindak lebih jauh untuk membubarkan kumpulan anak-anak tersebut.

Masih banyak kasus-kasus anak-anak bergerombol di malam hari hingga akhirnya berbuat onar dan kriminal,, namun karena tidak ada hukum yang memayungi untuk mencegah perbuatan mereka maka masyarakat tidak bisa bertindak apa-apa.

Semoga Gubernur Joko Widodo segera menerbitkan aturan jam malam bagi anak-anak.


@fajarsetyanto
http://www.latihan-english.com/
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, September 10, 2013

PREMAN yang NGAMEN..

PREMAN yang NGAMEN.. gayanya urakan penampilan nya seram, bertato, suaranya parau ibarat teriakan orang-orang berdemo, sama sekali tdk bisa dinikmati..

Bagaiman kita menghadapi..?
Segera kita beri uang agar berhenti nyanyiannya..

Tapi jika yang ngamen seorang yang baik penampilan nya santun, wangi, indah dipandang mata, suaranya merdu, syairnya menyentuh hati..

Bagaimana kita menyikapinya..?
Menikmatinya sambil pejamkan mata, mendengarnya, menyimaknya bahkan tak sadarkan jemari bergerak hanyut dengan iramanya... Selesai ngamen kita minta tambah lagi.. Tambah lagi... Dan tambah lagi.

Adakalanya Allah bersikap seperti itu kepada hambaNya..

Dia melihat sang hamba berbuat keji, pendosa, gelimang maksiat, tak jalankan perintahNya.. Lalu meminta kepada Tuhannya permintaan yang banyak..

Mungkin Allahpun mengatakan kpd malaikatnya; "cepat berikan apa yg dipintanya Aku benci mendengar suaranya, Aku risi mendengar pintanya..!"

Namun..
Kala hambaNya yang rajin tahajud, dhuha tak tertinggal, puasa senin kamis sering dijalankan, shodaqoh tak terputus, quran membasahi lidahnya.. Dan saat berdoa pinta akan hajatnya, gemuruh hati akan kebutuhannya.. Mengapa tidak ada jawaban dariNya..?! Berkali-kali... Tapi tak kunjung terijabah..!? Mana keadilanNya..!?

Sang hamba tidak sadar bahwa Allah mencintai ratapan nya, Dia merindukan asmaNya terucap, munajatnya dinantikan Sang Pencinta.. Seakan-akan Allah mengatakan kepada malaikatNya ;"Biarkan.. Biarkan.. hambaKu berdoa.. Aku menyukai lirih munajatnya.. Aku kan berikan yang lebih baik dari pintanya.."

BERBAIK SANGKA-LAH PADA-NYA...

H. Subhan Hasbullah
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, September 9, 2013

Singkong Yang Nikmat

Singkong dengan variasi memasak tertentu ternyata sangat luar biasa dinikmati.

Singkong di atas adalah singkong yang digodog lalu masih panas dicampurkan gula jawa yang dicairkan. Setelah itu digodog ulang.

Bau harus dari gula jawa cukup membangkitkan selera untuk mencicipinya. Selanjutnya bila dimakan dalam keadaan panas, aroma gula jawa yang harus masih terasa, bahkan hingga singkong itu ditelan.

Dengan pengolahan tertentu, singkong bisa sangat luar biasa.


@fajarsetyanto
http://www.latihan-english.com/
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sunday, September 8, 2013

Axis Sedang Galau

Berinternet ria hari sangat membosankan. Axis, yang biasa saya andalkan untuk teman berselancar ternyata sedang galau. Kejadian ini telah terjadi dari kemarin malam.

Hari ini berselancar terasa sangat lama sekali, karena untuk mengupload foto 200an kb saja memerlukan waktu lebih dari lima menit.

Apakah ini ada kaitannya Axis akan diakuisisi oleh XL? Lalu mereka menjadi semaunya sendiri? Atau karena cuaca yang sedang jelek? Atau karena kepadatan pemakai, sehingga harus rebutan jalur?

Jujur saya tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tehnis itu. Tahu saya sebagai konsumen ialah memakai dan memenuhi kewajiban saya sebagai pemakai. Saya sudah melakukan hak saya, yaitu membayar biaya yang akan dipakai. Lalu kenapa lantas Axis tidak memenuhi janjinya pada pelanggan?

Apakah ini pertanda saya sudah seharusnya menyudahi pertemanan saya dengan Axis? Karena pertemanan ialah suatu hubungan yang perlu komitmen untuk tidak saling merugikan. Bila salah satu pihak tidak memenuhi komitmennya, wajar kan bila pertemanannya diakhiri saja?


@fajarsetyanto
www.latihan-english.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pengalaman Belanja Di Dino Market

Menjelang labaran bulan lalu saya memerlukan Power Bank. Dikarenakan waktu yang mepet maka saya pesan melalui Dino market.
Sehari sebelum lebaran pesanan saya sampai di tangan saya. Saya cek power bank tersebut, dan semua fungsi-fungsinya bisa berjalan dengan semestinya.
Kesenangan saya atas kehadiran power bank terganggu. Setelah lebaran, ternyata power bank saya yang belum berumur sebulan tersebut, sudah bermasalah. Operasi power bank tersebut bermasalah.
Saya pun komplain terhadap Dino market. Dari pihak Dino menyarankan untuk mengirimkan kembali kepada mereka. Saya pun melakukan hal yang disarankan petugas Dino.
Selang tiga hari kemudian saya mendapat telpon bahwa mereka sudah menerimanya. Power bank tersebut sedang dikembalikan ke suppliernya.
Seminggu kemudian saya sudah menerima kembali power bank yang baru.
----
Berbelanja secara online memang menyenangkan, karena kita tidak perlu antri bermacet-macet ria di jalan. Kita pun bisa lebih membuat waktu kita bermanfaat dan bernilai karena tidak perlu bercapek-capek di mal.
Meskipun belanja online menyenangkan, namun untuk memilih vendor di belanja online kita harus hati-hati. Banyak vendor online yang palsu. Mereka ini hanya terima uang, tetapi tidak mengirimkan barang yang diminta setelah transfer dilakukan.
Ada juga vendor "abal-abal" yang tidak meladeni komplain bila barang yang dikirim rusak atau tidak sesuai dengan yang diminta.
Untuk meningkatkan keyakinan atas vendor, ada baiknya kita cek apakah vendor memiliki alamat usaha yang benar atau tidak. Bila ada nomor telpon, tidak ada salahnya anda cek apakah nomor itu benar dan alamat yang dicantumkan juga benar.
Selain itu tidak ada salahnya anda googling untuk mengecek bonafiditas vendor online tersebut. Bila anda tidak menemukan komentar atau alamat usaha yang benar atas vendor itu, saran saya lupakan saja vendor yang demikian. Vendor model seperti ini pasti akan "hilang" setelah uang mereka terima.
Berdasarkan pengalaman saya berbelanja online di Dino market, saya memang tidak nyaman dengan kejadian di atas, tapi dari service yang diberikan, saya tidak kapok berbelanja online di Dino market.

@fajarsetyanto
http://www.latihan-english.com/
Powered by Telkomsel BlackBerry®











Saturday, September 7, 2013

Terbayar Sudah Semua Pengorbanan, Alhamdulillah

Tanggal 4 September 2013 adalah hari yang bersejarah untuk keluarga kami. Pada hari itu Istri saya dan juga ibu dari Saras dikukuhkan sebagai DOKTOR.

Pada hari itu keluarga besar kami sangat berbahagia karena ada salah satu anggota keluarga kami menyandang gelar pendidikan tinggi. Suatu gelar yang tidak banyak orang lain meraihnya.

Alhamdulillah, puji syukur ke hadlirat Alloh SWT yang telah mengijinkan peristiwa itu terlaksana. Segala usaha dan pengorbanan dari Ibu Saras terbayar sudah dengan dicapainya gelar itu. Semoga ini adalah AWAL dari segala sesuatu yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Semoga gelar tersebut pula bermanfaat tidak hanya untuk keluarga tapi juga untuk orang lain.

Alhamdulillah.


@fajarsetyanto
www.latihan-english.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®