Tuesday, August 20, 2013

Iklan Caleg VS Iklan Produk Barang

BUKU FAJAR / Liputan 6 Siang SCTV, 19 Agustus 2013 menginformasikan bahwa ribuan bidan Indonesia berdemo di bundaran Hotel Indonesia menuntut kepastian nasib status pekerjaan mereka.

Kejadian ini sangat menarik, apalagi mengingat sebentar lagi akan ada pemilihan legislatif. Anggota legislatif atau anggota dewan selama ini mengklaim bahwa merekalah wakil rakyat, bila para bidan tidak tersalurkan aspirasinya lalu apa sajakah yang dilakukan para wakil rakyat?

Di salah satu spanduk yang disorot TV ada tulisan "Kemana Kami Menyalurkan Aspirasi?".

Logika awam, adanya demo karena ada sesuatu yang tidak tersampaikan. Lalu dimana anggota dewan yang terhormat berada? Dimana mereka bila saat diperlukan?

Melihat kondisi seperti itu saya pribadi menjadi sangat pesimis terhadap manfaat anggota dewan. Di saat mereka perlu suara rakyat, mereka nampak sangat peduli. Tetapi setelah mendapatkan apa yang diinginkan lalu mereka pergi.

Jujur, menghadapi tahun 2014 yang dikatakan tahun politik, saya menjadi orang yang apatis. Untuk apa saya memilih? Untuk apa saya berpartisipasi memberikan suara, kalau setelah menjabat mereka tidak bisa diajak omong atas masalah yang dihadapi, tidak semakin dekat pada masyarakat dapilnya, yang terburuk ialah mencuri uang negara untuk kepentingannya sendiri dan golongannya.

Saat ini calon dari daerah pilihan saya sendiri saya tidak tahu. Apa prestasinya? Bagaimana komitmennya mewakili rakyatnya? Apa kegiatan sehari-harinya? Semua serba gelap. Yang ada hanya spanduk-spanduk bergantungan di jalan-jalan kampung, tiang listrik, tembok orang dan sebagainya. Ibarat kata seperti iklan produk.

Iklan produk hp, langsung terasa manfaatnya saat kita memutuskan membeli hp tersebut. Iklan mobil, iklan laundry kiloan, iklan minuman, dan berbagai macam produk barang akan langsung bisa dirasakan manfaatnya saat kita memilihnya. Lha kalau iklan caleg? Apakah akan langsung terasa manfaatnya? Silakan anda menjawabnya sendiri.

@fajarsetyanto
http://www.fs-buku.blogspot.com/
Sent from my BlackBerry.