Wednesday, July 17, 2013

Memotivasi Untuk Bertindak

Di kursus bahasa Inggris yang saya asuh, ada seorang anak perempuan yang saat pertama kali belajar selalu minta ditemani ibunya. Bila sang ibu tidak nampak maka dia pun akan menangis.

Sejalan dengan berjalannya waktu, sekarang sang anak perempuan sudah semakin mandiri. Dia pun tidak menangis lagi bila ibunya tidak menunggunya saat belajar. Bahkan sekarang pun bila di kelas tidak ada anak perempuan dia tetap belajar dan semangat.

Untuk menghadapi anak perempuan ini saya tidak pernah memberikan vonis nilai yang jelek atas tugas-tugas yang salah. Sering saya katakan saat berlatih kosakata, "Kalau kamu tidak tahu bahasa Inggrisnya, tulis saja dalam bahasa Indonesia, nanti mister kasih tahu bahasa Inggris."

Saya harus menanamkan kepada para murid saya agar jangan takut bertindak meskipun hasilnya salah. "Wajar kamu berbuat kesalahan, kan namanya saja belajar."

"Jangan takut berbuat salah, bukan berarti kalian bodoh, kalian hanya belum tahu."

"Karena kalian belum tahu, makanya kalian belajar, kalau kalian sudah pinter, kalian akan mengajar, bukan belajar."

"Guru pun tetap harus belajar, tapi belajar yang lebih tinggi tingkatannya, karena ilmu itu selalu berkembang dan ada tingkatannya."

Alhamdulillah dengan motivasi yang terus-menerus para murid saya tidak takut melakukan kesalahan saat harus bertindak.

Orang bijak berkata :"Kamu tidak akan tahu suatu hasil dari pekerjaan benar atau salah, bila kamu tidak pernah bertindak."

@fajarsetyanto
 266617dc
Kursus Bahasa Inggris
"my english"
Sent from my BlackBerry.