Sunday, July 21, 2013

Lebih Baik Jadi Ikan Besar Di Kolam Kecil daripada Ikan Kecil Di Kolam Besar

"Sekolahlu abal-abal sih..."
"Lu anak SMP abal-abal ye...."
Demikian cemoohan yang dilontarkan seorang anak kepada teman kursusnya. Banyak sekali sindiran yang dilontarkan anak ini kepada temannya. Namun saat saya beri tugas untuk menulis 30 Irregular Verbs, sang penyindir teman hanya bisa membuat 14 kata dari 30 kata yang saya perintahkan. Sementara teman yang disindirnya bisa mencapai 33 kata, 3 kata lebih banyak dari yang saya perintahkan.
Namun sang anak penyindir ini masih menyindir terus temannya. Akhirnya terlontarlah kata-kata dari Saya :"Lebih baik jadi ikan besar di kolam kecil, daripada menjadi ikan kecil di kolam besar."
"Bisa jadi tempat sekolah kamu saat ini bukanlah sekolah yang dianggap orang", saya katakan, "Tetapi, kalau kamu bisa selalu mendapat ranking di sekolah yang tidak dianggap itu, jauh lebih baik daripada kamu sekolah di tempat bagus dan bergengsi tapi kamu "sempoyongan" mengikuti pelajaran yang ada bahkan selalu dapat rangking "big ten" dari bawah.
"Mungki suatu saat nanti kamu kerja di kantor kecil tapi posisi kamu diandalkan oleh perusahaan,"lanjut saya,"Itu lebih baik daripada kamu kerja di perusahaan besar tapi kamu ada atau tidak ada tidak ada bedanya untuk perusahaan."
"Yang terbaik tentu saja, kamu menjadi orang penting dan diandalkan di kantor yang besar."
"Oleh sebab itu, jangan sombong."
"Terus investasikan waktu kalian untuk belajar."
Saya juga mengatakan bahwa belajar adalah investasi jangka panjang. Khusus mengenai bahasa Inggris, adalah ketrampilan yang harus terus diasah, bukan hanya ketrampilan di atas kertas.
"Nilai yang kamu dapat saat ini di sekolah hanyalah sebagian kecil saja dari ketrampilan bahasa Inggris yang semestinya."
"Jadi jangan pernah berhenti belajar bahasa Inggris, hanya karena puas dengan nilai sekolah saat ini."
"Persaingan kamu yang sebenarnya ada di luar sana, bukan sebatas raport. Raport hanya bercerita masa lalu."
"Kalian boleh berhenti belajar bahasa Inggris kalau kalian sudah bisa memakainya dalam percakapan sehari-hari, mampu berbicara tanpa ah-eh-a-i-u kelamaan."
"Kalau poin di atas masih ada pada diri kalian, artinya kalian harus terus belajar bahasa Inggris."
"Yang terpenting ialah jangan sombong hanya karena tempat sekolah atau kerja kita dianggap bagus oleh masyarakat."
"Sekali lagi, menjadi ikan besar di kolam kecil lebih baik daripada ikan kecil di kolam besar."

@fajarsetyanto
@cempakabaru
Sent from my BlackBerry.