Saturday, July 6, 2013

Cara Melihat Kualitas Partai

Menjelang 2014 partai politik sudah mulai cari cara untuk menarik simpati masyarakat.

Bagi saya selama 6 kali mengikuti Pemilu, dan 2 kali ikut pemilukada, baru pemenang pemilukada DKI 2012 yang benar-benar kebijakannya bisa dirasakan secara langsung.

Bagaimana dengan pemilu-pemilu sebelumnya? Ya semuanya biasa saja. Bubar Pemilu, hasil didapat, setelah itu kembali seperti semula. Berbeda dengan Pemilukada DKI 2012 yang lalu. Hasil didapat, perubahan dan kemanfaatannya sangat terasa. Padahal Gubernur DKI terpilih pada masa kampanyenya tidak mengumbar bendera-bendera dan spanduk-spanduk. Namun beliau memiliki visi dan misi yang jelas untuk Jakarta Baru-nya.

Jujur saya sangat risih melihat spanduk-spanduk, bendera-bendera, dan berbagai alat kampanye yang bertebaran di berbagai penjuru kota Jakarta.

Menurut peraturan, sesuatu yang dipasang di wilayah Kota harus ada ijin dan membayar pajak ke kas pemda. Saya jadi bertanya-tanya apakah alat-alat kampanye tersebut memiliki ijin tayang atau tidak. Kalau ada pemilik spanduk memiliki ijin maka itu bagus berarti partai tersebut taat dan layak dipercaya. Sebaliknya bila tidak berijin berarti sudah melakukan penggelapan uang hak pemda DKI, tidak peduli aturan, bahkan tidak menutup kemungkinan sudah "main mata" dengan oknum aparat.

Yuk mari kita lihat kualitas partai dari cara dia mematuhi peraturan yang ada.
Sent from my BlackBerry.